Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C
Pada artikel sebelumnya, Admin sudah membagikan kunci jawaban pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) topik Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, berikut adalah kumpulan kunci jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Perencanaan Pembelajaran
Sebelumnya, pastikan ibu dan bapak guru sudah menyimak video-video yang ada dalam tiap modul/ materi pada topik yang sedang dipelajari. Melihat/ menyimak narasi konten video sangatlah penting untuk memahami Implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran, sekaligus syarat Anda dapat mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya
DISCLAIMER JAWABAN
Perlu diketahui ibu dan bapak guru, bahwa semua jawaban atas tugas pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam tulisan ini merupakan :
- hasil pemahaman Admin selama Admin mengikuti pelatihan mandiri pada PMM
- sebagai jawaban referensi tambahan bagi ibu dan bapak guru dalam proses memahami soal pada setiap modul yang sedang dipelajari;
- sebagai bahan bagi ibu dan bapak guru dalam mengeksplorasi pilihan jawaban sesuai dengan pemahaman Anda sendiri.
- referensi jawaban yang Admin sajikan tidak mutlak 100% benar. Silahkan ibu dan bapak guru mencari tambahan referensi jawaban dari materi yang sudah disimak melalui video di tiap-tiap modul/materi atau bisa saja dari sumber lain yang mendukung
Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C
Modul Pelatihan
Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
-
Latihan Pemahaman
1. Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu :
- Visi adalah gambaran masa depan
- Misi dituliskan dalam kalimat tindakan
- Visi bersifag realistis, kredibel, dan atraktif
- Visi tidak harus selalu ideal
2. Budaya sekolah ditentukan oleh :- Pemerintah Daerah
- Kepala sekolab dan manajemen sekolah
- Perwakilan selurub warga sekolah
- Guru bersama perwakilan orang tua
-
Cerita Reflektif
Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?
Saya meng-impikan sekolah yang memiliki visi dan misi yang jelas, serta adanya komitmen bersama (warga sekolah) dalam implementasinya. Terwujudnya lulusan yang kompeten, mandiri dan berkarakter juga merupakan impian besar saya pada sekolah
Memahami Capaian Pembelajaran
-
Latihan Pemahaman1. Naskah CP terdiri dari ...
- Rasional, tujuan, karakteristik, dan mata pelajaran
- Rasional, tujuan, alur, dan capaian pembelajaran
- Rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaran
- Rasional, alur, karakteristik, dan profil pelajar pancasila
2. Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali …- Tujuan Mata Pelajaran
- Indikator Mata Pelajaran
- Karakteristik Mata Pelajaran
- Rasional Mata Pelajaran
-
Cerita Reflektif
Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?
Setelah membaca Capaian Pembelajaran mata pelajaran yang saya ampu, saya mendapatkan informasi tentang tingkat kesuksesan pembelajaran yang diserap oleh siswa, mendapatkan informasi tentang kesulitan pembelajaran siswa, dan juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran
-
Latihan Pemahaman1. Tujuan Pembelajaran dikembangkan dari...
- Kompetensi dasar
- Lingkup materi
- Capaian pembelajaran
- Alur tujuan pembelajaran
2. Hal yang diidentifikasi saat merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif ke-2 adalah:- Kompetensi
- Lingkup materi
- Elemen mata pelajaran
- Lingkup materi dan kompetensi
-
Cerita Reflektif
Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?
Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran, sebelumnya saya selalu memperhatikan 4 (empat) hal, yakni : (1) Audience (siswa); (2) Behavior ( perilaku); (3) Condition (Kondisi); Dan (4) Degree (membandingkan kondisi).
Cara di atas masih dianggap relevan dalam merumuskan pembelajaran
Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
-
Latihan Pemahaman1. Peran yang dapat dipilih pendidik dalam kaitan dengan ATP adalah…
- Merancang sendiri berdasarkan CP
- Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang sudah ada
- menggunakan contoh yang disediakan pemerintah
- Semua benar
2. Langkah pertama yang dilakukan saat menyusun ATP adalah berdiskusi terlebih dahulu dengan guru 1 fase- Benar
- Salah
-
Cerita Reflektif
Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?
Setelah memahami materi pelatihan ini, saya mendapatkan pemahaman baru bahwa alur dari suatu tujuan pembelajaran adalah sebuah susunan tujuan pembelajaran yang disusun secara utuh serta sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal sampai akhir fase. Hal ini dirancang berdasarkan dengan urutan kegiatan pembelajaran guna menilai Capaian Pembelajaran.
Alur Tujuan Pembelajaran ini memiliki fungsi sebagai panduan untuk guru serta peserta didik guna meraih Capaian Pembelajaran pada akhir fase. Hal tersebut harus memuat kompetensi, konten, serta variasi.
- 1-2-3-4-5
- 1-2-3-5-4
- 2-1-3-5-4
- 2-1-5-4-3
- 1-3-2-4-5
- Asumsi-asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
- Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
- keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
-
Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
- Menentukan metode pembelajaran
- Merencanakan rencana asesmen.
- Menentukan kedalaman materi
- Mempelajari dan menguraikan CP
- Menentukan produk akhir
- fokus pada salah satu materi penting saja
- memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
- fokus pada salah satu capaian kompetensi saja
- memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
- Mengidentifikasi kata kunci pada CP
- Mengelompokkan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
- Merumuskan tujuan pembelajaran
- Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran
-
Kompetensi dan lingkup materi
- Kompetensi dasar dan Kompetensi inti
- Capaian Pembelajaran dan Kompetensi
- Capaian Pembelajaran dan lingkup materi
- Pengurutan Deduktif
- Pengurutan Hierarki
- Pengurutan Prosedural
- Scaffolding
- Pengurutan konkret-abstrak
- Pengurutan Deduktif
- Pengurutan Prosedural
- Pengurutan mudah-sulit.
Pemahaman Bermakna dan Pertanyaan Pemantik
-
Latihan Pemahaman
1. Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah ...
- Inti dari topik pembelajaran
- Berupa pertanyaan terbuka
- Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
- Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid
-
Cerita Reflektif
Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk !
Semua mata pelajaran yang diajarkan guru pastinya bermanfaat bagi murid. Namun, oleh karena beberapa faktor, ada beberapa materi dalam mata pelajaran tersebut sulit dipahami, bahkan dianggap sia-sia mempelajarinya.
Faktor penyebabnya, diantaranya dikarenakan guru saat itu belum merasa terdorong untuk mengkontekstualisasikan materi pelajaran dengan kondisi lingkungan yang berkembang. Sebab lainnya adalah biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga terasa sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari
Untuk itu, Guru harus mampu mengajak murid untuk mengeksplorasi, maka akan mudah mengikutinya
Merancang Asesmen Pembelajaran
-
Latihan Pemahaman1. Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk ...
- Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
- Membuat pengukuran yang terarah
- Memudahkan dalam merancang asesmen
- Semua benar
2. Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali- Indikator pencapaian kompetensi
- Pertanyaan pemantik
- Alat ukur yang akan dipakai
- Panduan asesmen untuk murid
-
Cerita Reflektif
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?
Tidak dipungkiri ada perasaan resah, grogi, tidak percaya diri dan khawatir tidak mampu menjawab dengan baik sehingga mendapatkan nilai yang kecil.
Merumuskan Modul Ajar
-
Latihan Pemahaman1. Komponen modul ajar yang menjelaskan keterampilan murid yang harus dikuasai saat akan mempelajari suatu topik disebut ...
- Tujuan pembelajaran
- Kompetensi prasyarat
- Indikator keberhasilan
- Rubrik penilaian
2. Merancang modul ajar sebenarnya adalah proses kita merancang kegiatan belajar. Hal-hal yang perlu ditentukan saat merancang modul ajar adalah ...- Rincian kegiatan belajar
- Bahan ajar yang diperlukan murid
- Dimensi profil pelajar pancasila yang akan ditumbuhkan
- Semua benar
3. Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali ...- Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia
- Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda
- Capaian pembelajaran yang berbeda
- Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda
-
Cerita Reflektif
Menurut Ibu dan Bapak Guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa ?
Pembelajaran yang hanya lebih sering mencatat, terutama pada mata pelajaran dengan jam yang banyak/ panjang
- Merupakan pemahaman praktis
- Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran
- Didapat meelalui berbagai proses pencarian belajar
- Tidak memiliki jawaban 'benar' dan 'salah'
- 1 dan 2
-
2 dan 3
- 1 dan 4
- 2 dan 4
- Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
- Aspek dan tingkat capaian peserta didik
- Capaian pembelajaran sesuai fase
- Lembar penilaian yang disiapkan
-
1 dan 2
- 2 dan 3
- 1 dan 3
- 2 dan 4
- 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
- Musik dan vokal terdengar harmonis
- Suara musik tidak mendominasi
- Artikulasi dan nada tepat
-
Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda
di sekitar mereka
- Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia
- Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah
- Meminta peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut
- Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
- Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
- Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
- Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan
- Meningkatkan pemahaman murid
- Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif
- Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan murid dalam motivasi belajar
- Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
- Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid
(4) Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
(4) mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
7. Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak....
Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah ...Refleksi Dalam Pembelajaran
-
Latihan Pemahaman
1. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi murid dalam berefleksi, kecuali ? ...
- Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
- Meminta semua murid menunjukkan hasil relfeksinya
- Menyesuaikan pertanyaan sesuai fase kemampuan murid
- Menciptakan suasana yang nyaman
2. Murid di fase D diharapkan dapat melakukan refleksi untuk hal yang berkaitan dengan karir yang akan dipilihnya nanti.- Benar
- Salah
-
Cerita Reflektif
Setelah mempelajari materi ini, saya menyadari beberapa tantangan yang akan dihadapi saat melakukan refleksi di SMP, SMA/K, yaitu....... Oleh karena itu, saya akan melakukan........
Siswa belum terbiasa melakukan refleksi, sehingga siswa belum berani dan nyaman dalam berbicara, menjawab dan mengekspresikan dirinya. Oleh karena itu saya akan melakukan pengembangan diri untuk mengatasinya, seperti berdiskusi dengan teman sejawat.
- Mengulangi pertanyaan agar dapat dimengerti oleh Rendra
- Membiarkan karena hanya satu orang yang tidak melakukan refleksi
- Memberikan pertanyaan tambahan yang memandu
- Memberikan kesempatan Rendra melakukan refleksi lain waktu
- Memanggilnya ke depan kelas untuk melakukan refleksi sendiri
- Menunjuk kedua peserta didik tersebut untuk menyampaikan hasil refleksi.
- Mengajak peserta didik untuk kembali melihat kesepakatan kelas mengenai menghargai orang lain.
- Mengingatkan bahwa semua peserta didik akan diminta untuk menyampaikan hasil refleksi.
- Meminta peserta didik untuk berhenti berbagi dan menuliskan hasil refleksi di catatan pribadi masing-masing.
- Kapan kamu akan pulang ?
- Bagian mana yang menyenangkan dari pembelajaran ini ?
- Apa saja hasil karyamu dalam pembelajaran ini ?
- Apa yang sedang kamu kerjakan saat ini ?
- 1 dan 2
- 3 dan 4
- 5 dan 6
- 1 dan 3
- 1 dan 2
- 3 dan 5
- 2 dan 4
- 2 dan 5
- 1 dan 4
- Merancang pertanyaan refleksi sesuai dengan fase pemahaman peserta didik
- Menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik untuk berefleksi
- Meminta semua peserta didik untuk menyampaikan/menunjukkan hasil refleksinya
- Menyiapkan beberapa pertanyaan pemandu refleksi bagi peserta didik
(6) Jika ada satu kesempatan untuk mengubah, apa yang ingin kamu ubah dari proyek ini?
Pertanyaan di atas yang KURANG TEPAT untuk mengajak peserta didik berefleksi dengan melihat kedepan terkait pengalaman belajar yang sudah di alami adalah ...(5) Saat belajar minggu ini, saya berhasil melakukan ….
Pertanyaan yang tidak tepat ditanyakan saat refleksi bersama murid fase A adalah ...Aksi Nyata
Setelah Ibu dan Bapak menyelesaikan tahapan di atas, tugas selanjutnya adalah membuat Aksi Nyata. Untuk selanjutnya silakan Ibu dan Bapak login ke PMM untuk melihat beberapa pilihan dan deskripsi lengkap Aksi Nyata pada topik ini, atau klik di SINI
0 Response to "Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C"
Post a Comment