/*Lazyload Gambar Artikel*/

Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Kurikulum Merdeka

Daftar isi [Buka]

Platform Merdeka Mengajar

Berikut ini adalah jawaban pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM) Topik Kurikulum Merdeka versi Android, terdiri atas Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif, dan Post Test.

Namun sebelumnya perlu kiranya kita berkenalan terlebih dahulu dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Apa Itu Platform Merdeka Mengajar  (PMM) ?

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

PMM dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Salah satu menu yang perlu di akses guru adalah menu Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Menu Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) berisi kumpulan materi tentang Kurikulum Merdeka yang bisa Anda pelajari secara mandiri melalui Pelatihan Mandiri. Pada Pelatihan Mandiri ini, terdapat beberapa aktifitas yang perlu diikuti, seperti melihat video materi, Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif, dan Post Test.

Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test

Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyimak video-video yang ada dalam tiap modul/ materi tiap topik. Melihat/ menyimak narasi konten video sangatlah penting untuk memahami Implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran, sekaligus syarat Anda dapat mengikuti tahapan -tahapan selanjutnya

DISCLAIMER JAWABAN

  • Jawaban atas cerita reflektif hanyalah contoh, sebagai bahan tambahan gambaran jawaban awal. Ibu dan Bapak tentu dapat meredaksikan ulang sesuai kondisi masing-masing guru atau sekolah
  • Soal Post Test pada PMM menggunakan rundom soal. Artinya, soal yang Admin sajikan di sini, bisa jadi berbeda dengan soal ibu dan bapak yang sedang dikerjakan. 
  • Yang Admin tulis disini untuk jenjang SMA/SMK. 

Topik

Kurikulum Merdeka

Modul Pelatihan

Silakan pelajari modul sesuai urutan!

Modul 1
Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Tentang Kurikulum

  • Latihan Pemahaman
    1.  Hal apa yang sepatutnya menjadi acuan utama kurikulum?
    1. murid
    2. peraturan pemerintah
    3. pemikiran guru
    4. kebutuhan sekolah
    2.  Apa sifat kurikulum
    1. rigid
    2. berubah-ubah
    3. dinamis
    4. pakem
    3.  Faktor apa saja yang bisa memengaruhi adaptasi kurikulum?
    1. geografi
    2. penentu kebijakan
    3. kemauan pembuat kurikulum
  • Cerita Reflektif

    Jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang, hal apa saja yang berbeda?

    Perbedaannya adalah dari sisi penyampaian materi. Dulu, guru menyampaikan materi ibarat air yang dituangkan ke dalam gelas. Namun sekarang, guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga mendampingi apa yang murid butuhkan selama pembelajaran

Kurikulum Dalam Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman

    1. Di dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, terdapat komponen yang dapat kita kaji secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Visi dan Misi tidak termasuk di dalam komponen tersebut.

    Penyataan di atas adalah......
    1. benar
    2. salah
  • Cerita Reflektif

    Setelah mempelajari materi ini, hal apa yang paling semangat ingin Ibu dan Bapak Guru coba ?

    Mencoba mendorong sekolah untuk terus mengevaluasi dan memperbaharui KOPS secara berkesinambungan menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan dan terus dikembangkan sesuai dengan konteks sekolah. Juga, mencoba mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.
 Post Test
    1. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah...
    1. kondisi daerah satuan pendidikan
    2. latar belakang ekonomi murid
    3. sarana dan prasarana satuan pendidikan
    4. semua benar
    2. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
    1. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
    2. Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
    3. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
    4. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju

    3. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia.

    Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

    Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
    1. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum.
    2. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan.
    3. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya,
    4. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.
    4. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
    1. benar
    2. salah
    5. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah...
    1. meminta murid untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
    2. melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
    3. mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
    4. mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya
    6. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah …
    1. tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah.
    2. setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
    3. kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.
    4. guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.
    7. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...
    1. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
    2. mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
    3. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
    4. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda.
    8. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:
    • berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
    • memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
    • memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
    • memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga
    Hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....

    1. mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada.
    2. memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini.
    3. mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja.
    4. melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Modul 2
Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka

Prinsip Umum Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?
    1. Mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar murid saat ini.
    2. Membangun kapasitas belajar murid menjadi pembelajar sepanjang hayat.
    3. Mendukung perkembangan kognitif dan karakter murid
    4. Mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam satu tahun ajaran.
  • Cerita Reflektif

    Ibu dan Bapak Guru, ceritakan yuk tentang waktu favorit bersama murid, ketika sedang melakukan apa?

    Jawaban atas pernyataan diatas, tentunya berbeda-beda sesuai kondisi yang dialami masing-masing guru. Dibawah ini hanyalah contoh saja :

    Waktu favorit bersama siswa adalah saat melakukan diskusi bersama tentang topik/materi .... dimana saya mencoba memancing siswa untuk berani mengutarakan pendapatnya tentang suatu hal terkait materi. Sehingga, pembelajaran benar-benar menyesuaikan kondisi siswa dan semakin bermakna

Capaian Pembelajaran

  • Latihan Pemahaman
    1. Sebagai acuan pembelajaran, Capaian Pembelajaran diturunkan menjadi...
    1. Modul ajar
    2. Alur tujuan belajar
    3. Tujuan pembelajaran
    4. RPP
    2. Capaian Pembelajaran dibuat untuk rentang waktu...
    1. 1 Fase
    2. 1 tahun ajaran
    3. 1 semester
    4. Tergantung kebutuhan
    3. Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak....
    1. Mulai dari SMP hingga SMA/SMK
    2. Dasar di SD saja
    3. Fase fondasi di PAUD hingga lulus SMA/SMK
    4. SD hingga SMA/SMK
  • Cerita Reflektif

    Perubahan apa yang Ibu/Bapak rasa akan paling signifikan di kelas dengan implementasi Kurikulum Merdeka?

    Perubahan yang paling signifikan di kelas adalah pembelajaran yang dinamis, karena berfokus pada kebutuhan siswa dan materi esensial.

Struktur Pembelajaran dengan Paradigma Baru

  • Latihan Pemahaman
    1. Dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) terdapat program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid. Program ini mempunyai tujuh tema yang dapat dipilih oleh sekolah untuk dieksplorasi. Program tersebut adalah
    1. Intrakurikuler
    2. Projek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila
    3. Eksrakurikuler
    4. Eksrakurikuler
  • Cerita Reflektif

    Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?

    Siswa sangat antusias dalam pembelajaran. Pembelajaran yang diadaptasi dengan kondisi lingkungan akan menjadikan siswa semakin bersemangat. Juga, pembelajaran semakin bermakna dan menyenangkan
 Post Test
    1. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase
    1. Benar
    2. Salah
    2. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah…
    1. Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya
    2. Memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca
    3. Merancang perangkat ajar yang sesuai dengan kemampuan murid
    4. Memberikan pendampingan pada murid tersebut.

    3. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat.

    Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?...

    1. Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.
    2. Tidak tepat, seharusnya dapat memilih komunitas lain yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran
    3. Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran.
    4. Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada murid SMA/SMK.
    4. Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu ….
    1. Behaviorisme
    2. Konstruktivisme
    3. Kognitivisme
    4. Taksonomi Bloom
    5. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali….
    1. Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.
    2. Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.
    3. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
    4. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas.
    6. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada Kurikulum Merdeka di jenjang SMP adalah…
    1. Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS.
    2. Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah
    3. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
    4. Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain.
    7. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran apapun.
    1. benar
    2. salah
    8. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Merdeka yang tepat adalah….
    1. Bu Atikah menggunakan nilai ulangan untuk mengelompokkan murid di kelas sesuai rentang nilai yang didapat.
    2. Pak Jimi melakukan penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
    3. Bu Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
    4. Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif.

Aksi Nyata

Setelah Ibu dan Bapak menyelesaikan tahapan di atas, tugas selanjutnya adalah membuat Aksi Nyata, sesuai topik yang sedang dipelajari.

Terdapat beberapa pilihan bentuk aksi nyata pada PMM disertai deskripsi lengkap. Untuk itu, selanjutnya silakan Anda login ke PMM dengan akun belajar.id- nya untuk mempelajari masing-masing Aksi nyata tersebut.

Pada topik Kurikulum Merdeka, kebetulan Admin mengambil Aksi Nyata tema "Menyebarkan Pemahaman Mengapa Kurikulum Perlu Berubah" ?. Anda dapat melihatnya di SINI.

Ditulis Oleh : Admin | My Haka Blog

Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Kurikulum Merdeka, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda. Kritik dan saran silahkan kirim melalui kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Kunci Jawaban Pelatihan Mandiri PMM Topik Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Budayakan komentar yang santun yah Gaes

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2